Kamis, 02 April 2015

MESIN-MESIN KANTOR SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI

      Komunikasi adalah suatu proses menyampaikan informasi dari satu pihak ke pihak lain. Komunikasi sangat berguna pada suatu perusahaan. Tanpa adanya komunikasi maka tidak akan berjalan dengan lancar suatu kegiatan perusahaan tersebut. Komunikasi membutuhkan media atau alat sebagai pendukung penyampaian informasi. Ada berbagai macam alat komunikasi yang ada di perkantoran yaitu faksimile, airphone/interphone, teleprinter, telenote, telekonferensi, teleks, telephone. Dibawah ini akan di jelaskan alat-alat komunikasi tersebut. 



          Faksimile disebut juga telecopier atau fotocopy jarak jauh. Mesin atau pesawat yang digunakna untuk mengirimkan dan menerima salinan dari informasi yang berupa gambar, foto, atau dokumen secara langsung. Komunikasi menggunakan Faksimile ini dapat disebut juga sebagai Facsimile Exchange atau FAX. Ciri-ciri faksimile yaitu digerakkan ole tenaga listrik. Dapat mengirimkan salinan atau copy dari informasi yang berbentuk gambar, foto, dokumen. Harus dilengkapi dengan pesawat telephone karena proses pengirimannya melalui piringan telepon. Salinan atau copy yang diterima merupakan copy hitam putih. Kertas untuk mengcopy berupa roll kertas thermal. Kemudian airphone / Interphone, dibagi menjadi dua macam yaitu interphone dengan handset(gagang telepone), dan Interphone tanpa handset. Perbedaan antara keduanya yaitu pada Interphone dengan handset tidak ada loudspeaker sepertiinterphone tanpa handset, kemudian tombol dan microphone terpisah pada interphone dengan handset sedangkan pada interphone tanpa handset. Ciri-ciri Interphone yaitu menggunakan tenaga listrik, pembicaraan dapt didengar oleh pesawat lain dalam satu jaringan, tidak dapat menyambung pada sambungan lain. 

 

        Teleprinter hampir sama dengan telepon. Akan tetapi, jika telepon menggunakan kata-kata lisan maka teleprinter adalah menggunakan kata-kata tertulis. Teleprinter adalah mesin yang dapat mengetik pesan. Mesin pengiriman dan peneriman tersebut dihubungkan dengan kabel telegram atau radio. Teleprinter dapat menyewa pada pelayanan teleks, mesin ini dapat dihubungkan dengan memutar angka, dengan mesin teleks pelanggan lain, temasuk yang berada di luar negeri. Biaya dibebankan untuk setiap hubungan menurut waktu yang digunakan. Selain itu, alat tersebut dapat digunakan untuk menerima dan mengirim telegram dan kawat. Teleprinter yang dihubungkan dengan jaringan teleks dapat dibiarkan hidup sampai sepanjang siang dan malam. Pesan yang masuk diterima dan dicetak secara otomatis. Pelayanan ini sangat penting untuk komunikasi internasional di antara zona waktu yang berbeda. Bila perlu pesan dapat diacak agar tetap rahasia hingga kembali kepada yang berwenang. Telenote adalah sistem untuk pengiriman bahan yang ditulis atau digambar dengan tenaga lewat sirkuit telepon, secara pribadi, nasional atau internasional. Pengirim menggambar atau menulis dengan menggunakan bolpoin yang dihubungkan dengan kabel yang fleksibel ke transmitor. Secara serentak, garis-garis yang sama dirunut di atas kertas oleh alat penerima pada ujung lain sirkuit telepon. Pengiriman dapat terjadi secara bersamaan dengan percakapan telepon sehingga memungkinkan pesan tertulis dilengkapi dengan ilustrasi gamar, rumus atau informasi lain yang tidak dapat diungkpkan dengan mudah dalam kata-kata. Alat untuk mengirim dan menerima dapat berupa unit yang terpisah, atau tergabung di dalam satu instrumen, yaitu transreciever.


      Teletex adalah alat untuk komunikasi antara pengolah kata dan komputer mikro. Alat komunikasi ini merupakan peningkatan dari teleks. Yang lebih fleksibel, Lebih Cepat dan menghasilkan cetakan dengan kualitas tinggi. Teleks menggunakan saluran telepon, bukan sirkuit telegraph, dan mencakupi karakter huruf besar dan huruf kecil. Kecepatan pengiriman lebih dari 2000 bit per detik. Terminal teletex memiliki papan tombol mesin ketik yang dapat memuat kertas berukuran A4. Telekonferensi adalah salah satu alat komunikasi yang dapat berhubungan dengan melakukan kontak suara dan kontak tatap muka secara langsung pada monitor. Seperti contohnya yang dilakukan pak jokowi dalm melakukan rapat dengan daerah-daerah tanpa harus hadir di daerah tersebut dalam waktu bersamaan. Telex adalah alat yang digunakan untuk mengirimkan berita tertulis secara cepat dimana berita yang di kirim akan tercetak pada lembar penerima kedua pesawat yang saling berhubungan. Kelebihannya adalah dapat menerima berita pada saat kantor tutup,jika alat tetap di aliri listrik dan tersedia kertas. Dalam pengiriman berita dapat dilakukan secara langsung dan direkam terlebih dahulu. Biaya pengiriman dihitung menurut jangka waktu pengiriman dan jarak. Telephone adalah alat komunikasi yang paling sering digunakan. jenis-jenis telepon yaitu  Telepon meja (tablephone) dan Triphopne untuk diletakan di atas meja,  Telepon dinding (wallphone) untuk di pasang pada dinding, Telepon dengan pengeras suara (Loud speaking telephone) yang tidak perlu dipegang sewaktu bicara, Telephone genggam (pagger) bentuknya kecil sehingga mudah di bawak kemana saja. Sekjarang ini telepon semacam ini semakin digunakan oleh kalangan ekskutif serta semakin marak pula digunakan oleh mudah-mudi yang ekonomi keluarganya mampu.

PERKEMBANGAN ALAT KOMUNIKASI :
   
      Pada jaman dahulu sudah terdapat komunikasi. Banyak manusia menciptakan alat komunikasi untuk mempermudah proses informasi yang di sampaikan. Dimulai pada zaman prasejarah hingga pada zaman modern sekarang ini. Bermula dari Merpati pos, alat komunikasi ini digunakan orang-orang persia. Pertama kali digunkan oleh Sultan Baghdad,Nuruddin(1416) untuk mengirim pesan disekitar kerjaannya. Kemudian digunakan juga oleh orang romawi untuk mengrim pesan kepada pasukan militernya,orang Yunani memberitahukan pemenang olimpiade melalui merpati pos pada masa perang dunia pertama(1914-1918). Merpati pos menggunakan media burung merpati sebagai pengantar surat. Pada zaman dahulu merpati pos sangat digunakan untuk informasi-informasi perang. Kemudian berkembang lagi dengan menggunakan telegraf. Telegraf adalah alat yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Penemu Telegraf adalah Samuel F.B Morse bersama asistennya Alexander Bain pada tahun 1837. Pesan pertama dikirm pada 6 januari 1838. Pesan yang dikirim menggunakan sandi morse/ Kode morse.Yang menggunakan telegraf haruslah yang mengerti tentang kode morse ini. Sama pada zaman sebelumnya, Telegraf digunakan untuk keperluan perang. Di Indonesia, telegraf pertama kali digunakan pada 23 Oktober 1855 Oleh pemerintah Hindia Belanda. Telgraf mampu menghubungkan pulau-pulau dan juga menghubungkan Jakarta dan Singapura, Jawa dan Australia. Dengan berkembangnya telegraf,muncul penemuan Telephone oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Di Indonesia sendiri pertama kali digunakan sejak 16 Oktober 1882. Yang menghubungkan Gambir dan Tanjung Priok(Batavia). Pada tahun 19906,perusahaan jaringan telepon diambil alih dan dikelola Pemerintah Hindia Belanda melalui PTT(pos,telegraf,telephon) Dienst. Dengan perkembangan yang sangat pesat Jaringan telekomonikasi diperluas. Sehingga pada tahun 1967, PT Indosat mulai membangun jaringan telepon gelombang mikro. Dimulai dengan jaringan Trans Sumatra dan Indonesia Timur. Selanjutnya tahun 1976,Satelit Palapa A-1 di luncurkan sehingga jaringan telepon Indonesia meluas hingga mencapai luar negara. 

         Pada tahun 1920-an Telegram hadir dan berisi kode yang di transmisikan oleh telegraf. Telegram dengan tarif pengiriman yang lebih murah dari telepon,waktu yang relatif singkat dalam pengiriman membuat sangat disegani oleh masyarakat pada masa itu. Di Indonesia sendiri tetelgram di populerkan oleh perusahaan telkom. Kemudian ada juga Pager, ditemukan oleh Multitone Electronic di Rumah Sakit St. Thomas London. Di Indonesia pager muncul sebelum tahun 1997. Dengan berkembangnya Zaman yang semakin Modern muncul Internet pada tahun 1969 sebagai ARPANET. di Indonesia mulai muncul pada tahun 1995. Sehingga masyarakat dapat mengakses informasi dengan cpat dan efisien. Dengan perkembangan Internet muncul Surat Elektronik sebagai media penyampaian informasi dengan menggunakan internet. Dan terdapat Alat-alat komunikasi yang di kombinasikan dengan internet lainnya atau media yang lainnya seperti Pesan Instan, dan Mobile Chat messenger.

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN ALAT KOMUNIKASI

     Alat komunikasi merupakan suatu alat untuk penyampaian informasi, adapun kelebihan dan kekurangan dari alat komunikasi tersebut. Pada alat komunikasi di media elektronik kelebihannya yaitu cepat dari segi waktu, terdapat audio visual, dan terjangkau luas. Kekurangan dari media elektronik ini adalah tidak adanya pengulangan terhadap informasi yang di sampaikan. Kemudian komunikasi pada media online kelebihannya adalah lebih cepat dari media elektronik dalam penyampaian informasinya,terdapat juga audio visual,praktis dan Fleksibel. Adapun kekurangan dari media sosial yaitu keakuratan dan kebenarannya diragukan, jika jaringan terdapat gangguan maka untuk mengaksesnya jadi terhambat.

REFERENSI :

o   Fitryah,lailatul.2013.macam-macam alat komunikasi,(Online)( http://fitriyah-blog.blogspot.com/2013/06/macam-macam-alat-komunikasi.html , di akses pada 17 maret 2015)
o   Reza,krisna.2012.Sejarah perkembangan alat komunikasi,(Online)(http://chrezsoft.blogspot.com/2012/12/sejarah-perkembangan-alat-komunikasi.html?showComment=1427281465515#c6655953038981970019 , diakses 17 maret 2015)
o   Arliny,lianur.2013.Komunikasi kantor,(Online)(http://lianuraliny.blogspot.com/2013/04/komunikasi-kantor.html , di akses 21 maret 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar